Minggu, 04 November 2012

EKSOTISME MERCUSUAR PANTAI GOA CEMARA

Menjumpai bangunan yang khas, tinggi menjulang, dan mengeluarkan cahaya yang sangat terang di malam hari sungguh membuat kami kagum. Bentuknya yang sederhana tak membuat mata bosan melihatnya. Ialah sebuah mercusuar, sebuah bangunan berbentuk tower yang tinggi menjulang, yang terletak di pesisir pantai.
Mercusuar tersebut merupakan salah satu dari mercusuar-mercusuar yang tersebar di beberapa titik lokasi sepanjang pesisir pantai di Indonesia. Kami menemukannya secara tidak sengaja, ketika sedang dalam perjalanan dari pantai Kwaru, Bantul menuju ke Yogyakarta. Waktu itu kami sedang dalam perjalanan pulang ke kota Yogyakarta dan menemukan sebuah plang bertuliskan pantai Goa Cemara, hingga akhirnya kami memutuskan untuk menyambangi pantai tersebut.
Pantai Goa Cemara merupakan pantai yang curam, dengan ombak yang besar dan cukup ganas. Sebuah hutan cemara yang lebat membuat lokasi pantai menjadi sangat indah dan nyaman, terutama bila kita berada di sana pada siang hari yang terik.
Kembali ke menara mercusuar. Di ujung timur pantai Goa Cemara ini berdiri kokoh sebuah menara mercusuar yang telah dibangun sejak tahun 1970-an. Lebih tepatnya, menara ini terletak di pantai Pandansari, Bantul, Yogyakarta. Agar Anda bisa masuk dan naik menuju ke atas menara ini, hubungi petugas jaga yang menempati rumah di komplek mercusuar, di pojok paling kanan dari pintu masuk.
Meskipun fungsi menara ini adalah untuk navigasi para nelayan, namun Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif lokasi wisata yang cukup asyik, karena letaknya yang cukup dekat dengan kota Yogyakarta. Hanya kurang lebih 30 kilometer dari kota Yogyakarta.
Rute jalan yang bisa Anda lalui bila “start” dari kota Yogyakarta adalah:
Pertama, kota Yogyakarta, melalui jalan parangtritis, terus ke arah selatan hingga Anda menemukan plang bertuliskan Rumah Sakit Elisabeth/Ganjuran, kemudian belok kanan menuju Ganjuran, terus saja hingga jalan “mentok” bertemu jalan bantul (arah pantai Samas), dan selanjutnya Anda belok ke kiri, terus saja sampai ke gerbang masuk pantai Samas. Kurang lebih 500 meter dari gerbang ada persimpangan jalan, bila ke kiri/terus akan menuju ke pantai Samas, ke kanan menuju pantai Pandansari, Goa Cemara, Kwaru. Posisi Mercusuar ada di pantai Pandansari. Dua pilihan bagi Anda, pergi ke pantai Goa Cemara lebih dahulu, dan merasakan keteduhan pepohonan cemara, atau menikmati mercusuar di pantai Pandansari, kemudian setelah puas melanjutkan perjalanan ke pantai Goa Cemara dan Kwaru. Perlu diingat, jarak antar pantai ini relatif dekat, banyak waktu bisa Anda lokasikan untuk memotret pemandangan di sepanjangan jalan. (Catatan, banyak pemandangan indah persawahan)
Kedua, dari kota Yogyakarta Anda menuju kota Bantul, terus saja ke arah selatan/Ganjuran. Tidak usah belok kiri ke Ganjuran tetapi Anda terus saja ke arah selatan, kira-kira 3 Km hingga menemukan plang di kiri jalan bertuliskan belok kanan pantai Goa Cemara. Belok kanan dan susuri pedesaan dan persawahan yang asri dan indah, hingga menemukan plang bertuliskan pantai Goa Cemara dan pantai Kwaru. Terserah Anda, apakah akan ke pantai Kwaru kemudian pantai Goa Cemara, dan terakhir ke menara mercusuar, atau dibalik. Semua lokasi relatif dekat.
Melengkapi reportase kali ini, kami sajikan beberapa foto menara mercusuar, pantai Goa Cemara, hutan cemara, dan landsekap indah di sepanjang perjalanan. Selamat menikmati. Salam “jepret” :)